Rabu, 30 Januari 2019

Investasi



Investasi merupakan penanaman asset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. 

Ada banyak istilah dalam aktivitas berinvestasi:
      Memiliki tujuan jelasKenapa tujuan dalam berinvestasi sangat penting? Hal ini karena jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, maka akan sulit menentukan langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Tujuan akan memengaruhi investasi seperti apa yang sebaiknya Anda ambil, mulai dari segi jangka waktu, jenisnya, hingga di mana Anda ingin menempatkan investasi tersebut.

   Menilai seberapa banyak modal yang bisa Anda siapkan. Modal ini membahas seputar dana atau aset yang Anda miliki sekarang. Modal juga mempengaruhi jenis investasi, misalnya emas, saham, atau properti.

      Memahami risiko pada diri sebagai investor dan jenis investasi yang diambil. Segala hal yang berhubungan dengan perputaran uang memang tidak akan terlepas dari faktor untung-rugi. Yang dimaksud dengan risiko pada diri sendiri adalah kemampuan secara finansial. Ketika Anda memutuskan untuk berinventasi, hal pertama yang Anda lakukan tentu saja menyiapkan sejumlah dana, baik saat akan memulai maupun selama prosesnya. Dalam hal ini, lebih dulu terlepas dari utang dan memilki kondisi pendapatan yang stabil dan dana ekstra adalah beberapa hal yang patut diperhatikan.

Dalam berinvestasi, imbal balik (return) dan risiko (risk) akan selalu beriringan. Ada jenis investasi yang memiliki risiko kerugian tinggi namun justru mampu menghasilkan imbal balik yang besar. Sebut saja saham. Tidak jarang, jenis investasi ini malah membuat seorang investor gigit jari karena tidak mendapatkan apa-apa. Kemudian jenis lainnya adalah emas. Harga emas cenderung merambat naik setiap tahunnya. Karena kondisinya yang stabil, sebagian besar masyarakat masih menggemari jenis investasi ini.

Saat yang Tepat dan Jangka Waktu:
Poin terakhir ini tampak sederhana namun memiliki pengaruh yang besar. Apa pun jenis investasi Anda, waktu memengaruhi perkembangan uang. Pada dasarnya, ketika berinvestasi, Anda tentu harus menetapkan jangka waktu tertentu. Untuk jenis obligasi misalnya, Anda bisa mengambil jangka waktu selama 5 tahun.

Lalu, apa hubungannya dengan saat yang tepat untuk memulai investasi? Dengan jangka waktu investasi yang ada, semakin dini Anda memulai, maka semakin cepat pula Anda ‘memanennya’. Jadi, jika dalam empat tahun ke depan, salah satu anggota keluarga harus masuk ke universitas, maka berinvestasi dari sekarang adalah pilihan bijak. Dan jika bermasalah pada modal yang minim, Anda bisa mulai mencari tipe dan tempat berinvestasi yang tidak memerlukan dana besar.
Itulah hal-hal dasar seputar cara berinvestasi yang sebaiknya dipahami oleh para pemula. Jika masih mengalami kesulitan, pastikan untuk mengikuti manual (panduan) khusus yang disediakan oleh pihak-pihak pialang (perantara) investasi. Untuk tahapan standar, sangat mudah menemukannya di situs-situs internet.

STASASHI kini menyediakan layanan investasi terbaik untuk anda. Segera dapatkan pelayanan terjangkau dengan investasi yang menarik dan menguntungkan.

Untuk info lebih lanjut kunjungi https://www.stasashi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar